Desa Mojoagung Kecamatan Karangrayung

Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat dipisahkan dari komunitasnya dan setiap orang di dunia ini tidak ada yang dapat berdiri sendiri melakukan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya, tanpa bantuan orang lain. Secara alamiah, manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, baik sesama manusia maupun dengan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, salah satu kunci sukses suatu kegiatan adalah sukses dalam kerja sama.

Kerja sama pada intinya menunjukkan adanya kesepakatan antara dua orang atau lebih yang saling menguntungkan. Kerja sama merupakan aktivitas bersama dua orang atau lebih yang dilakukan secara terpadu yang diarahkan kepada suatu target atau tujuan tertentu. Sedangkan kerjasama desa adalah suatu rangkaian kegiatan yang terjadi karena ikatan formal antar desa atau desa dengan pihak ketiga untuk bersama-sama melakukan kegiatan usaha guna mencapai tujuan tertentu.

Koperasi telah lama ada di tanah air kita, termasuk di Kabupaten Grobogan. Koperasi telah tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Indonesia dan dunia. Peranan koperasi sangat penting untuk turut serta menyukseskan pembangunan. Dalam rangka peringatan hari Koperasi pada 12 Juli tahun 2013, Kementerian Koperasi dan UKM pada umumnya dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Grobogan pada khususnya, diharapkan dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan yang mendukung perkembangan koperasi. Misalnya lomba koperasi teladan, lomba cerdas cermat koperasi tingkat SD, SMP, dan SMA yang diikuti sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Grobogan. Selain lomba tersebut, dapat diadakan pendidikan dan pelatihan koperasi dan seminar dan workshop tentang perkoperasian. Kegiatan ini, selain untuk memeriahkan hari koperasi juga dalam rangka mendukung program pemerintah mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.